Sabtu, 03 Desember 2011

artikel fisika


Gaya – Gaya Yang Bekerja Pada Balapn Mobil

Hukum-hukum Newton tentang gerak dapat menjelaskan beberapa peristiwa gerak dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, alasan mengapa pengendara mobil dianjurkan untuk menggunakan sabuk pengaman. Menurut Hukum I Newton suatu benda akan cenderung mempertahankan kedudukannya. Jika benda diam, cenderung tetap diam, dan jika benda bergerak cenderung terus bergerak. Ketika naik mobil ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu mobil diam tiba-tiba bergerak dan ketika melaju kencang tiba-tiba mobil direm mendadak. Pada kemungkinan pertama(mobil diam tiba-tiba bergerak ),tidak terlalu berbahaya karena tubuh akan tertahan oleh jok mobil, tetapi pada kemungkinan kedua (mobil tiba-tiba di rem) sangat berbahaya karena tubuh akan cenderung bergerak dan jika tidak menggunakan sabuk pengaman tubuh bisa terhenyak pada dashboard mobil. Seseorang akan mengalami gaya tekan dasboard mobil sebesar 10 kali berat badannya jika dihentikan mendadak pada kelajuan 70 km/jam.

Dengan menggunakan sabuk pengaman kecelakaan semacam itu dapat diminimalisiasi. Mobil-mobil terbaru selain dilengkapi sabuk pengaman, juga ditambah dengan balon udara yang akan menggembung jika terjadi tabrakan. Sabuk Pengaman Mengapa mobil perlu terus-menerus diinjak pedal gasnya agar kelajuan sepeda motor konstan? Selain gaya dorong mesin, mobil juga mengalami gaya-gaya gesekan baik dari mesin maupun udara. Menurut Hukum I Newton, agar benda bergerak dengan kelajuan konstan, resultan gaya harus sama dengan nol. Ketika mobil bergerak dengan kelajuan konstan, gaya dorong mesin sama dengan gaya gesek.

Gaya gesek yang terjadi pada ban mobil atau sepeda motor dengan jalan menyebabkan mobil atau motor dapat berjalan. Gesekan tersebut terjadi antara karet ban dan jalanan yang memiliki koefisien gesek sehingga memiliki gaya gesek. Jika jalanan tidak memiliki koefisinien gesek, maka tidak ada gaya gesek dan jalanan tersebut licin sehinggamenyebabkan ban mobil atau motor tersebut tidak dapat berputar melainkan tergelincir dan sulit dikendalikan, sehingga menyebabkan kecelakaan. Ban mobil atau motor di buat beralur agar mendapatkan sebanyak-banyaknya gaya gesek jalanan, sehingga menguntungkan karena mudah di kendarai dan tidak mudah selip, apalagi di hari yang sedang hujan. Sedangkan ban mobil atau motor yang di rem atau dibelokkan akan melepaskan partikel ban, yang kemudian tersangkut di jalanan, sehingga ban mobil yang terbuat dari karet akan panas ketika dijalankan dan bergesekan dengan jalan. Ketika direm atau dibelokan, sebagian udara yangtermampatkan dalam alur ban akan memecah keluar karena gesekan berlebih. Akibatnya bantersebut bertambah panas dan karet bannya meleleh sehingga partikel ban tersebut tersangkutdi jalan dan meninggalkan garis hitam, akibatnya merugikan karena ban menjadi gundul atau aus.

Apakah anda menyadari bahwa setiap tikungan yang kita lalui sebenarnya miring? Perhatikan lintasan-lintasan balap dunia atau jalan layang yang menikung, mereka mempunyai kemiringan tertentu. Bila tikungan mengarah ke kanan, maka lintasan akan semakin tinggi di sisi kiri, demikian pula sebaliknya.
Mengapa setiap jalur menikung dibangun miring? Jawabnya adalah gaya sentrifugal yang dialami setiap objek setiap kali menikung. Gaya sentrifugal adalah gaya dorong ke arah luar lingkaran. Semakin besar kecepatan suatu kendaraan ketika menikung, semakin besar gaya sentrifugal yang terjadi. Hal ini menjelaskan mengapa suatu kendaraan yang menikung dengan kecepatan tinggi dan tidak terkendali ke arah kiri akan terguling ke arah kanan.
Bidang miring tikungan dibangun untuk mengurangi gaya sentrifugal. Seorang arsitek harus memahami tujuan lintasan yang dibangun dan kendaraan-kendaran seperti apa yang akan melalui lintasan tersebut. Jalur melingkar monoton, yaitu jalur panjang menikung yang sudut tikungannya konsisten sampai pada jarak tertentu, akan dibangun dengan kemiringan lebih tinggi dan badan jalan yang lebih luas. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan jalur tersebut dilalui oleh kendaraan-kendaraan dengan kecepatan tinggi. Contohnya adalah jalur balapan mobil Nascar. Persimpangan jalan akan dibangun dengan jalur tikungan relatif datar karena diasumsikan kendaraan-kendaraan yang lewat berada pada kecepatan relatif rendah.
Sebagai tambahan, bila titik A lebih rendah dibanding titik B dan berjarak 10 meter, maka seorang arsitek pembangun jalan mungkin saja akan membuat desain jalur layang dengan panjang 100 sampai 120 meter atau bahkan lebih. Hal tersebut bertujuan untuk memperbesar sudut tikungan menanjak dari A ke B (semakin besar sudut tikungan, semakin lurus suatu lintasan). Dengan demikian pengendara dapat berkendara lebih nyaman dan efek gaya sentrifugal akan lebih sedikit dialami.

    
Selain itu, pada saat balapan mobil terdapat Gaya Gesek. Sebelumnya kita lihat pengertian apa itu Gaya Gesek.
Gaya gesek adalah gaya yang berarah melawan gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan. Gesekan adalah kekuatan. Gesekan mencoba untuk menghentikan atau memperlambat segalanya sebagai satu permukaan bergerak di atas yang lain. Tergantung pada situasi gaya ini dapat bermanfaat. Dalam olahraga motor gesekan memainkan peran penting. Dari bekerja pada rem mana mereka bergerak melawan roda.untuk memungkinkan pengemudi untuk pegangan kemudi mereka. Sebagai kecepatan suatu objek meningkat demikian juga gesekan. Gesekan menyebabkan pegangan sehingga hal-hal seperti ban dapat bergerak di atas permukaan jalan. Hal ini juga membantu ban tidak terpeleset sementara mereka bergerak.

B.      JENIS GAYA GESEK
Gaya gesek dibagi menjadi 2 yaitu gaya gesek kinetic  dan gaya gesek statis.  Perpedaan kedua gaya ini antara lain :
1 gaya gesek kinetic adalah Gaya gesekan yang terjadi sewaktu benda bergerak.
 Contoh :
 yang berkaitan dengan mobil balap adalah gaya gesek antara roda dengan jalan , apabila roda memiliki  alur kasar maka gaya gesek  maka semakin besar tetapi jika alur ban sangat halus maka gaya gesek semakin  kecil  dan mobil akan sulit ketika berbelok . dan masih banyak contoh yang lain
dapat  dirumuskan dalam fisika :
http://fisikakoeman2.files.wordpress.com/2010/04/3.png
2 gaya gesek  statis  adalah  Gaya gesekan yang terjadi  sewaktu benda diam :
Contoh :
                Yang berkaitan dengan mobil balap yaitu pada saat gesekan antara roda dengan  jalan ketika mobil  balap memulai start
                Dapat dirumuskan dalam fisika :
http://fisikakoeman2.files.wordpress.com/2010/04/2.png
C. Keuntungan gaya gesek dan kerugian gaya gesek .

Keuntungan  gaya gesek :
1. Gesekan antara roda dengan jalan yang mengakibatkan mobil bergerak
2.  dapat menghentikan mobil balap saat pengereman

Kerugian  gaya gesek :
1. Mesin dapat aus karena sering terjadi gaya gesek .
2.Ban pada roda akan habis karena sering terjadi gaya gesek.

D. Hubungan gaya gesek dengan ,massa dan percepatan .

Hungan gaya gesek dengan  massa , dapat diartikan sebagai beriku semakin besar massa suatu benda maka gaya   yang  dibutuhkan semakin besar pula  . Dapat dibuktikan pada percobaan balok yang massa nya berbeda  dan gaya gesek  sama. Jika ditarik maka kedua benda itu membutuh gaya yang berbeda pula untuk mencapai percepatan yang sama .

Dapat dirumuskan :

 F – fs = m.a

F= Gaya benda
fs = gaya gesek 
m = massa benda
a  = percapatan benda







SUMBER ARTIKEL

www.slideshare.net/Choliludin/fisika-9 - Amerika Serikat




OLEH :

ERIS YUSSI SOFIYATI
XI IA-4 / 11

0 komentar:

Posting Komentar